Tuesday, February 3

DESA PANGALENGAN

Lepas sejenak dari rutinitas kerjaan, dan hingar bingar keramaian perkotaan yang tak pernah luput dari kemacetan. Mumpung ada waktu luang saya manfaatkan untuk berlibur di daerah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.
Saya review sedikit tentang Kecamatan Pangalengan barangkali ada yang belum tahu dan butuh informasi mengenai daerah yang satu ini. Kecamatan Pangalengan merupakan daerah yang berada di bagian selatan kota Bandung, tepatnya termasuk wilayah Kabupaten bandung, dengan jarak sekitar 45KM dari Pusat kota Bandung.
Kecamatan Pangalengan merupakan daerah dataran tinggi berada di ketinggian kurang lebih 1800 di atas permukaan laut, maka tidak heran kalau suhu daerah ini sangat dingin dipadu dengan segarnya hawa pegunungan, kalau anda berlibur ke daerah ini jangan khawatir gak dapat tempat penginapan, karena sudah banyak penginapan murah dan juga tersedia guest home atau villa dengan berbagai pasilitas tentunya yang bisa anda sewa, disamping hawanya yang masih segar dan  jauh dari polusi Pangalengan mempunya bebepara tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berlibur di daerah ini, antara lain :

Situ Cileunca


Situ Cileunca merupakan sebuah bendungan air peninggalan jaman Belanda, yang memiliki luas lebih dari 150Ha, bendungan ini didirikan untuk menggerakan turbin pembangkit listrik tenaga air (PLTA) plengan, dengan output tegangan yang sangat besar tidak heran kalau PLTA ini mampuh mensuplai kebutuhan listrik area Pulau Jawa dan mungkin Bali. Situ Cileunca bukan sekedar bendungan saja tapi situnya dimanfaatkan sebagai tempat wisata, anda bisa menaiki perahu untuk sekedar berkeliling lihat pemandangan sekitar situ ini.


Dan sekarang sudah di bangun jembatan yang menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya, yang di bangun tepat berada di tengah Situ Cileunca, sehingga ketika berada di tengah jembatan anda melihat hamparan luasnya Situ Cileunca ini, dan anda bisa memanfaatkan momen untuk berfoto.

Tea Walk di Perkebunan Teh Malabar



Jalan jalan pagi di sekitaran perkebunan teh Malabar adalah salah satu olah raga yang sangat menyenangkan, bagai mana tidak saat kita berjalan jalan kita selalu disuguhkan pemandangan hamparan teh yang menyejukan pandangan mata, di samping hawa dinginnya yang menyegarkan pernafasan kita.  


 Apalagi jika dilakukan pada hari minggu anda beruntung bisa sambil wisata kuliner setelah cape jalan jalan di sekitar perkebunan teh Malabar.


Atau anda dapat membawa perbekalan dan menikmatinya di sekitaran situ ini.

Pemandian Air Panas Cibolang


Tempat pemandian ini adalah tempat yang paling banyak di kunjungi wisatawan, walaupun jaraknya lumayan agak jauh dari pusat Pangalengan, tetapi perjalan tidak akan membosankan karena sepanjang perjalanan anda akan melewati hamparan perkebunan teh Malabar, setelah sampe area wisata ini saya yakin anda ingin segera berendam di dalam kolam air panas alami ini, bagaimana tidak suhu yang dingin memaksa kita ingin terus berendam dalam kolam air panas ini. 

Di samping daerah tujuan wisata, Pangalengan merupakan daerah penghasil berbagai komoditi andalan antara lain : 

Peternakan
Pangalengan terkenal dengan peternakan sapi perahnya yang di kelola KPBS, dimana hasil susunya mampu mensuplai berbagai kebutuhan perusahaan besar  yang berbahan dasar susu sapi. di samping itu Pangalengan terkenal dengan hasil olahan yang tentunya berbahan dasar susu sapi.

Perkebunan
Pangalengan merupakan penghasil teh terbesar di Indonesia, dengan luas area perkebunan teh yang sangat luas sekali, sehingga untuk mengelolanya di bagi beberapa wilayah perkebunan, dan semua wilayah tersebut dalam naungan PTPN 8.

Pertanian
Tak kalah luas dengan Perkebunan teh, lahan pertanian di daerah Pangalengan sama luasnya bahkan lebih luas dari Perkebunan Teh. hasil bumi terbesar dari daerah Pangalengan adalah Kentang, Kol dan wortel, akan tetapi jenis holtikultura lain pun sudah banyak ditanam oleh para petani di daerah ini.


Mudah mudahan bemanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © 2013. KBKC109 - All Rights Reserved
Distributed By Blogger Themes | Template Created by BTDesigner Published by Super Cool Templates
Proudly powered by Blogger