Thursday, June 19

TUTORIAL CARA MEMPERBAIKI MOTHERBOARD KOMPUTER YANG MATI

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman cara sederhana memperbaiki Motherboard yang mati, sebelum di bawa ketempat service yang pastinya akan memakan biaya yang cukup besar apasalahnya kita mencoba untuk memperbaikinya dengan cara sederhana dengan biaya yang sangat minim..
Cara Pertama :
- Setelah Motherboard dilepas dari Cassing
- Lepas Cooling dan heatsink Processor kemudian cabut juga Processornya kemudian bersihkan Cooling termasuk Heatsink dari debu dengan kuas. dan juga bersihkan bagian atas Processornya dengan tissue.
- Lepas Memori kemudian bersihkan juga semua pin pin memori dengan menggunakan penghapus.
- Cabut juga battre Cmos kemudian ukur tegangannnya kalau menunjukan angka 3volt berarti battre masih bagus, kl tidak ada pengukur cara sederhana saja dengan cara di jilat antar kutub positif dan negatif kl terasa seperti di gigit semut berarti batre masih bagus.
- Kemudian bersihkan motherboard dari debu  dengan kuas sampai tidak keliatan ada debu yang menempel.
- Kemudian pasang kembali Proccesor, terus jangan lupa pasang lagi Heatsinknya, trus pasang memori dan juga batre Cmos.
- Kalau sudah terpasang semua dengan benar coba test lagi, biasanya kl cuman permasalahan karena debu dengan  cara ini biasanya motherboard akan hidup lagi. jika tidak coba cara berikutnya.
Cara Kedua :
- Cabut kembali peralatan yang sudah di pasang tadi seperti Heatsink, Processor, Memori, dan Batre Cmos.
- Siapkan air dalam wadah yang kira kira bisa muat motherboard tersebut, kemudian taburi deterjen secukupnya.
- Kalau sudah masukan motherboard tersebut dan rendam selama 30 menit, setelah itu kemudian bersihkan dengan air bersih biasa, setelah itu jemur di terik matahari sampai benar benar kering, atau kalau ada bisa di keringkan dengan pengering rambut.
- Jika sudah benar benar kering pasang kembali device yang di cabut tadi, kalau sudah terpasang semua coba tes kembali motherboard tersebut, dengan di rendam biasanya kotoran yang tidak terbersihkan oleh kuas akan terbersihkan oleh detergen dan air itu. biasanya dengan cara ini lebih ampuh di banding cuman di bersihkan pake kuas..tetapi jika dengan cara ini masih belum hidup coba ke cara berikutnya.
Cara Ketiga :
- Cara ini agak extreme tapi patut di coba karna dengan cara ini biasanya kalau kerusakan karna faktor solderan yang retak maka akan terselesaikan.
- Lepaskan kembali device yang di pasang tadi kemudian.
- Siapkan Oven yang biasa untuk bikin kue ( tapi ingat kita bukan mau bikin kue ya hehehe) panaskan di atas kompor, kalau suhunya udah lumayan panas masukan motherboard tersebut dan tutup kembali penutup ovennya. tunggu sampai kira kira 10 menit kemudian matikan kompor dan keluarkan motherboard tersebut tapi hati hati ya karna motherboard akan panas sekali, setelah itu biarkan motherboard dingin dengan sendirinya.
- Jika motherboard sudah dingin pasang kembali device tadi, dan tes kembali, biasanya dengan cara ini kl faktor dari solderan yang retak maka motherboard akan kembali hidup.
- Tetapi jika semua cara di atas sudah di lakukan tetapi motherboard masih belum mau hidup, berarti kerusakan sudah pada komponen motherboard tersebut. silahkan bawa ke tempat service yang lebih profesional..
Sekian tutorial ini saya bagi, mudah mudahan bermanfaat..

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © 2013. KBKC109 - All Rights Reserved
Distributed By Blogger Themes | Template Created by BTDesigner Published by Super Cool Templates
Proudly powered by Blogger